6 Strategi Bisnis
Dalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan
sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang
dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran
bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik
pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan
strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam
memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal.
Berikut beberapa tips untuk memasarkan barang dengan lebih mudah:
1. Kenali pelanggan Anda
Identifikasi target market Anda akan membantu
Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan
target market menjadi beberapa kategori, misal kelompok usia 15—30 tahun,
jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita
dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges.
Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari
terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
2. Lakukanlah promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk
bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut
konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan
tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para customer jika
sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu, lihatlah pula bagaimana
upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik
dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth
publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena
dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang
dapat menarik pelanggan baru.
3. pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya
adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland
Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang
sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan
potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar
kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
4. Coba gunakan internet marketing
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi
marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan
kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring
sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang
meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana
pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan
lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
5. Jalin hubungan dengan pelanggan
Memelihara pelanggan lama lebih mudah
dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk
menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama.
Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan
yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan
mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.
6. The Power of Focus
Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple
menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran
dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber
daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti
Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda
di wilayah tertentu.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar